Mind Map : Production and Supply Chain Management

Apa sih Production and Supply Chain Management itu ??

Production adalah proses produksi yang dimulai dari pengolahan bahan baku menjadi bahan jadi.

Supply Chain Management adalah kegiatan yang diawali dengan perencanaan produk hingga produk dipasarkan.

step yang akan dilakukan adalah :

  1. Sales and Operation Planning -> Sales and Operation Planning adalah perencanaan penjualan yang didapatkan dari pihak marketing.
  2. Sales Forecasting -> Peramalan yang dilakukan untuk mengetahui permintaan pasar selanjutnya. Apa saja yang dibutuhkan ?? yang pertama adalah sales report yaitu data-data penjualan yang telah terjadi bulan kemarin atau beberapa bulan belakangan guna mengetahui produk-produk apa saja yang menguasai market. yang kedua adalah Market Forecasting merupakan hasil dari analisa Sales Report yaitu memperkirakan apa saja yang kirannya laku dalam satu bulan atau beberapa bulan ke depan. Kedua hal tersebut akan menghasilkan Order Forecasting yaitu perkiraan order yang akan diterima.
  3. Material and Requirements Planning -> setelah mengetahui Order Forecasting maka akan dilakukan tindakan selanjutnya yaitu MRP (Material adn Requirement Planning). Step ini meliputi : Data Stock/ Inventory Record,Cutback, Production Planning. Data Stock untuk mengetahui berapa sisa bahan baku ataupun bahan jadi yang kita miliki. setelah itu barulah kita bisa menentukan Production Planning. Cutback adalah pengurangan jumlah produksi misalnya karena bahan baku sulit didapat.
  4. Detailed Schedulling -> mengolah hasil dari MRP yaitu berupa Production Planning. Setelah memperkirakan apa saja yang akan diproduksi maka setelah itu kita harus merumuskan bagaimana produksi selanjutnya akan berlangsung.
  5. Purchasing -> Step ini juga menanggapi hasil dari MRP yaitu berupa Data Stock. Jika data stock yang dibutuhkan tidak ada, maka pihak Purchasing akan memesankan bahan baku dari supplier. disinilah Bill of Materials berlangsung.
  6. Production -> Ini adalah proses dari Produksi. didapat dari Order forecasting yang  telah diolah menjadi production planning. apa saja yang terdapat dalam production planning ?? ada 3 hal yaitu : make to stock, make to order, dan assemble to order. apa itu ?? make to stock adalah produksi yang didasarkan kebutuhan stock gudang. sedangkan make to order adalah produksi yang berdasarkan pesanan pelanggan. dan assemble to order adalah gabungan dari keduannya yaitu kebutuhan gudang dan permintaan pasar.
  7. Quality Control -> dilakkan terhadap raw material, semi finish good dan finish good.
  8. Distribution -> proses penyebaran finish good.

inilah sedikit hal yang kita tahu tentang Production and Supply Chain Management.

lebih kurangnya silahkan di comment😀

Tagged: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: