Perkembangan ERP pada UKM

Bukan hanya perusahaan besar yang bisa menggunakan ERP, sekarang UKMpun bisa menggunakan sistem berbasis ERP. Usaha Kecil Menengah sering memiliki kebutuhan yang unik untuk Software ERP yang menuntut kemampuan sistem lengkap namun dapat digunakan dengan mudah.

Pada era 2012 ini, semua kebutuhan teknologi semakin meningkat. Kebutuhan ini tidak hanya dirasakan oleh perusahaan-perusahaan besar namu juga turut diperhatikan oleh usaha kecil menengah. Seperti yang kita tahu selama ini, ERP banyak digunakan pada perusahaan besar. Hal ini desebabkan oleh 2 hal, yaitu :

  • Harga yang ditawarkan mahal

Kenapa ERP mahal ?? Karena ERP adalah software yang multifungsi, dengan memberikan  sistem yang terintegrasi dari seluruh divisi yang ada. Banyak modul yang diberikan disini. Contohnya modul Purchasing yang menangani proses dari permintaan pembelian, melakukan purchase order, hingga Account Payable. Modul Inventory yang memberikan kemudahan mulai dari barang masuk sampai barang keluar, dan juga perpindahan barang. ERP juga memberikan analisa pada semua modul, untuk mempermudah seluruh divisi dalam menjalankan pekerjaannya. Itulah mengapa ERP itu mahal.

  • Implementasi ERP yang dirasa sulit dan lama

Karena ERP terintegrasi dengan seluruh divisi pada perusahaan, sehingga ERP sangat sulit untuk diimplementasikan. Implementasi ERP ini bertujuan untuk memudahkan perusahaan dalam mengawasi seluruh kinerja divisi yang ada melalui sistem yang telah terkomputerisasi.

Itulah sekilas catatan mengapa UKM ragu menggunakan ERP pada proses bisnisnya.

Namun, sekarang ini banyak sekali program ERP yang dirancang khusus untuk UKM yang ingin menerapkan ERP pada proses bisnisnya. Hingga perusahaan ERP yang terkemuka di dunia seperti SAP, Sage Software, Oracle dan Microsoftpun memberikan berbagai macam penawaran ERP yang telah disesuaikan oleh lingkup UKM.

Apa saja yang disediakan oleh perusahaan ERP tersebut ??

  • SAP

Pada tanggal 10 Mei 2011 PT. SAP Indonesia memperkenalkan  Business Intelligence (BI) sebagai solusi ERP yang ditujukan untuk Usaha Kecil dan Menengah. Business Intelligence adalah layanan yang diberikan oleh SAP untuk melakukan proses pengumpulan data, analisa data dan meramalkan kinerja berdasarkan data yang ada dengan berbasis IT. Business Intelligence sendiri terdiri dari 2 jenis, yaitu BI On-Premise dan BI On Demand.

On-Premise : Pihak SAP hanya memberikan softwarenya saja, tanpa menyediakan infrastruktur hardware.

On-Demand : Pihak SAP menyediakan layanan aplikasinya saja. Business Intelligence On-Demand sendiri tersedia dalam lingkungan cloud computing.

Pada Business Intelligence sendiri memberikan proses manajemen data yang singkat dan siap pakai. Business Intelligence juga telah dipastikan telah memenuhi standar protokol keamanan. Pada tahun 2011 PT SAP di Indonesia sudah memiliki 600 pelanggan, 77 persennya adalah UKM.

  • Microsoft

Dengan Microsoft Business Solution (MBS), Microsoft Indonesia memberikan tawaran solusi dengan harga yang sangat kompetitif. Dimulai dengan memberikan nilai-nilai bisnis ke UKM Indonesia.

MBS merupakan bisnis yang baru dari Microsoft, yaitu menyediakan aplikasi bisnis dengan mengakusisi Solomon, Navision, GreatPlains dan Axapta. Akuisisi ini dikarenakan Microsoft selama ini hanya memberikan aplikasi untuk manufaktur, sehingga memerlukan mitra untuk pengembangannya. MBS terdiri dari Enterprise Resource Planning and Management, Supply Chain Management, Customer Relationship Management dan Business Analytics. ERP yang diberikan dikembangkan menurut kebutuhan dari industri masing-masing. Pengembangan oleh mitra-mitra lokal ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi UKM dalam pengoperasian aplikasi tersebut.

Keuntungan yang didapat oleh UKM jika menggunakan ERP :

  • Memberikan laporan yang lengkap dan detail (penjualan, pembelian, inventory), sehingga tidak ada manual report yang mengakibatkan laporan tidak valid dan aktual
  • Kemudahan dalam pengoperasiannya
  • Semua data yang ada, akan tersusun dengan rapi
  • Memberikan kemudahan dalam pengaksesannya karena semua data dan report dapat diakses dimana saja
  • Menyediakan fasilitas pasar interaktif via Internet (marketplace)
  • Harga yang sudah terjangkau bagi kalangan UKM
  • Implementasi ERP yang tidak lagi membutuhkan waktu lama

Modul apa saja yang biasanya ada pada ERP untuk UKM ??

  • Modul Pembelian (Purchasing)
  • Modul Penjualan (Sales)
  • Modul Sistem Persediaan Barang (Inventory)
  • Modul Utang (Account Payable)
  • Modul Piutang (Account Receivable)
  • Modul Kas dan Bank (Cash & Bank)
  • Modul Buku Besar (General Ledger)
  • Modul Marketplace

 

Daftar Pustaka

http://technology.inc.com/2007/10/01/erp-for-small-business-the-time-is-ripe/

http://techno.okezone.com/read/2011/05/10/324/455446/business-intelligence-solusi-sap-untuk-ukm

http://swa.co.id/technology/ukm-pun-pantas-pakai-erp

Tagged: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: