DMJ Deskripsi Singkat

 

  1. Baseband

Baseband adalah sebuah metode penggunaan media komunikasi yang frekuensinya dilewatkan melalui suatu pembawa (carrier) untuk mengalirantarkan (transmit) data. Oleh karena itu, dalam satu media tersebut hanya terdapat satu sinyal yang berisi informasi. Salah satu contoh pengguna metode baseband adalah ethernet. Sedangkan, lawan baseband adalah broadband.

                http://id.wikipedia.org/wiki/Pita_basis

  1. Broadband

Broadband (jalur lebar atau pita lebar) merupakan sebuah istilah dalam internet yang merupakan koneksi internet transmisi data kecepatan tinggi. Ada dua jenis jalur lebar yang umum, yaitu DSL dan kabel modem, yang mampu mentransfer 512 kbps atau lebih, kira-kira 9 kali lebih cepat dari modem yang menggunakan kabel telepon standar.

                http://id.wikipedia.org/wiki/Jalur_lebar

  1. Ethernet

Ethernet merupakan jenis skenario perkabelan dan pemrosesan sinyal untuk data jaringan komputer yang dikembangkan oleh Robert Metcalfe dan David Boggs di Xerox Palo Alto Research Center (PARC) pada tahun 1972.

http://id.wikipedia.org/wiki/Ethernet

Ethernet adalah perangkat fisik teknologi dan data link layer untuk jaringan area lokal (LAN).

http://sedulur-kabeh.blogspot.com/2012/01/fungsi-ethernet-pada-jaringan-komputer.html

  1. 10 Base2

10Base2 adalah sebuah jenis standar yang digunakan untuk mengimplementasikan jaringan berbasis teknologi Ethernet. 10Base2 juga disebut sebagai Thinnet atau Thin Coax karena teknologi jaringan ini menggunakan kabel koaksial (coaxial) tipis untuk menghubungkan komputer-komputer untuk membangun sebuah jaringan

                http://id.wikipedia.org/wiki/10Base2

  1. 10 Base 5

10Base5 adalah sebuah standar implementasi pertama jaringan Ethernet. Standar ini sering juga disebut sebagai ThickNet karena memang jaringan ini menggunakan sebuah kabel koaksial (coaxial) tebal untuk menghubungkan komputer-komputer dalam membangun sebuah jaringan. Nama lainnya adalah Standard Ethernet, karena memang jenis ini merupakan implementasi jaringan Ethernet pertama kali.

                http://greenbanana43.blogspot.com/2012/07/kabel-ethernet-10base5.html

  1. 10 Base T

10BaseT adalah sebuah standar yang digunakan untuk mengimplementasikan jaringan berbasis teknologi Ethernet. Dibandingkan dengan standar 10Base2 atau 10Base5, standar 10BaseT ini lebih populer, meski kecepatan yang ditawarkan adalah sama, yaitu 10 Megabit per detik. 10BaseT menggunakan kabel Unshielded Twisted-Pair (UTP) untuk menghubungkan komputer, dan menggunakan hub untuk membentuk sebuah jaringan.

                http://id.wikipedia.org/wiki/10BaseT

  1. 10 Base FL

10BaseF adalah sebuah standar yang digunakan untuk mengimplementasikan jaringan dengan teknologi Ethernet. 10BaseF berbeda dari jenis-jenis Ethernet (10BaseT, 10Base2, 10Base5), karena standar ini menggunakan kabel serat optik, dan tidak menggunakan kabel tembaga seperti Unshielded twisted pair (UTP) atau kabel koaksial. 10BaseF dibuat berdasarkan spesifikasi IEEE 802.3 oleh Project 802.

                http://id.wikipedia.org/wiki/10BaseF

  1. Fast Ethernet

Fast Ethernet merupakan sebuah sebutan untuk teknologi jaringan Ethernet yang menawarkan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan standar Ethernet biasa. Kecepatan yang ditawarkannya mencapai 100 megabit per detik. Standar-standar yang dibuat untuk teknologi ini adalah 100BaseTX, 100BaseFX, 100BaseT4, dan 100BaseVG. Disebut juga 100BaseX.

                http://id.wikipedia.org/wiki/Fast_Ethernet

  1. Gigabit Ethernet

Gigabit ethernet adalah standar ethernet yang relatif baru yang ditetapkan oleh IEEE pada tahun 1999. Istilah gigabit ethernet sendiri diberikan untuk teknologi ethernet frame yang kecepatannya mencapai satuan gigabit/detik. Sejak tahun 2010 kemarin, gigabit ethernet ini lebih banyak digunakan dan lebih murah.

Keunggulan dari Gigabit Ethernet yaitu mendukung kebutuhan bandwidth yang terus meningkat, selain itu Gigabit Ethernet memberikan enhancement yang memungkinkan fast optical fiber tersambung pada physical layer dari network sehingga dapat memberikan penambahan sepuluh kali lipat pada MAC (Media Access Control) untuk men-support video conferencing, complex imaging dan aplikasi data-intensive.

                http://blog.ub.ac.id/thevirionz/2012/03/25/gigabit-ethernet/

  1. 10 Gigabit Ethernet

Konsep 10 Gigabit Ethernet berbeda jauh dibanding konsep Ethernet sebelumnya, seperti digunakan hanya pada optical fiber dan dioperasikan dalam full-duplex mode, sehingga collision detection protocols menjadi tidak penting lagi keberadaannya. Dengan karakter seperti ini, sekarang Ethernet dapat ditingkatkan menjadi 10 gigabits per detik. Tambahan lagi 10 Gigabit Ethernet tidak membuat perangkat yang ada sekarang menjadi obsolete. Teknologi baru ini tetap dapat diintegrasikan dengan teknologi sebelumnya.

                http://antotis.multiply.com/recipes/item/6

Tagged: , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: