OOA vs SSADM

I. Object-oriented analysis (OOA)
Object-Oriented Analysis (OOA) adalah teknik pemodelan yang mengintegrasikan antara data dan proses kedalam suatu kesatuan yang disebut dengan objek. Model OOA berupa gambar yang mengilustrasikan objek system dari berbagai macam persepsi.
Selain itu OOA adalah Adalah suatu metode dalam pengembangan perangkat lunak berbasis object. Yang dimaksud dengan object bisa dipandang sebagai suatu item informasi atau representasi entitas di dunia nyata. Seperti contohnya dalam system reservasi penerbangan hal-hal yang bisa disebut sebagai object seperti pesawat, jalur penerbangan dll.
Dengan metode ini kita mempresentasikan sebuah permasalahan dalam dunia nyata kedalam object-object, khususnya dalam pegembangan perangkat lunak, agar dalam pelaksanaannya kita mendapatkan berbagai keuntungan dan kelebihan. Dari beberapa keuntungan dan kelebihannya, metode ini nantinya akan mendukung dalam konsep dibawah ini :
1. Maintainability , yaitu tingkat kemudahan dalam mengakomodasi perubahan- perubahan.
2. mengurangi kompleksitas dalam perarancangan design system.
3. Reusability , kemampuan untuk bisa digunakan kembali sehingga dapat menghemat waktu dan biaya.
Dengan adanya konsep tersebut membuat metode ini seirng digunakan pada masa sekarang. Kemampuannya untuk dapat digunakan kembali akan mendukung terciptanya suatu perangkat lunak yang lebih sempurna dari yang sebelumnya dikarenakan kekurangan dari perangkat lunak sebelumnya diperbaiki, dan kelebihannya tetpa dipertahankan. Jadi bisa muncul sebuah perangkat lunak baru dengan kemampuan yang selalu lebh dari pada sebelumnya.

II. Sistem Terstruktur Metode Analisis dan Desain (SSADM)
Structured Systems Analysis And Design Method (SSADM) adalah metode lain yang berhubungan dengan desain sistem informasi. Ini dikembangkan di Inggris oleh CCT (Pusat Komputer dan Telekomunikasi Agency) di tahun 1980-an. Ini adalah metode standar pemerintah Inggris untuk melaksanakan tahap-tahap analisis sistem dan desain proyek teknologi informasi.
SSADM merupakan suatu metodologi yang dijadikan standar tahapan analisa dan desain aplikasi pada systems development lifecycle. SSADM adalah metode Sistem Informasi yang dianggap mewakili puncak dari desain sistem, dan kontras. SSADM merupakan salah satu implementasi yang mempunyai banyak metode dari berbagai ahli.
DAFTAR PUSTAKA
http://yosuaalvin.students-blog.undip.ac.id/apbo/
http://nzircui.wordpress.com/tag/ooa/
http://visilubai.wordpress.com/2010/04/26/analisis-data-terstruktur/
http://amri-reinz.blogspot.com/2009/11/analisa-adalah-sebuah-tahapan-dalam.html
http://www.google.com

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: